Kiat Kiat Menguasai Photo Editing

Ada beberapa saran dari aku bagi kalian yang mau menguasai Photo Editing. Diantaranya adalah:
Cobalah cari software apa yang cocok denganmu. Usahakan software tersebut jarang ditemui disekitarmu. Kemudian lakukanlah beberapa experimen sehingga kamu bisa benar-benar menguasai program tersebut. Dan apabila kamu sudah benar-benar bisa, maka secara tidak sengaja software yang tadi kamu pilih bakal menjadi ciri khas dari Photo Editingmu. Seperti halnya aku. Yang sudah berciri khas Photoscape untuk windows dan GIMP untuk Linux.
Janganlah terpaku pada bacaan atau orang lain. Cobalah membuat sesuatu yang berbeda. Karena apabila kita terpaku pada bacaaan atau orang tertentu, maka apabila nanti terjadi masalah dikeudian hari, kamu bakalan bingung sendiri. Karena itu bukan kepunyaanmu sendiri.
Janganlah sekali-kali menggunakan software Photo Editing dengan cara yang biasa digunakan. Tetapi cobalah menggunakannya dengan beberapa trik yang memungkinkan bisa mempersingkat Pengeditan. Dan pelajarilah trik dengan cara memadukan antara trik yang satu dengan trik yang lain.
Banyak-banyaklah mencoba beberapa trik yang secara akal sehat tidak mungkin terjadi pada kenyataan. Karena itu akan membuat kita lebih berkreasi dari pada orang lain.
Pelajarilah softwre/ aplikasi dari yang sederhana. Seperti paint pada windows. karena apabila kita menggunakannya hanya dengan cara biasa, maka tidak akan menghasilkan sebuah foto yang apik. Tetapi apabila dengan trik-trik tertentu, akan menghasilkan foto yang dahsyat.