Virus, AntiVirus Alami, AntiVirus Buatan



Sebelum menginjak lebih jauh, kita pahami terlebih dahulu apa itu virus dan antivirus. Banyak orang di sekitarku yang mengatakan bahwa apabila UFD tidak mempunyai tutup, maka UFD tersebut akan terjangkit oleh Virus. Itu menandakan bahwa mereka beranggapan bahhwa Virus komputer itu sama dengaqn virus pada manusia.Virus adalah sebuah data yang teratur susunannya, dan apabila kita buka atau kita simpan data tersebut, maka data tersebut akan merusak data yang lainnya. Sehingga data ini disebut dengan virus. Sedangkan antivirus adalah program yang dibuat untuk mendeteksi daripada data seperti yang diterangkan di atas dan yang nantinya akan diidentifikasi sebagai varian/ virus.
Banyak antivirus yang biasa kita pakai ( Seperti AVG, PCMAV, ANSAV, dsb ) sebenarnya berawal dari identifikasi para pembuat antivirus dimana data seperti di atas dapat merugikan pengguna misalnya dengan merusak system.
Ciri2 virus. Untuk varian lama, biasanya virus tidak mempunyai ikon alias tidak terdeteksi seperti pada gambar,biasanya datanya berformat “exe”, dan datanya tersembunyi. Misalnya saja brontok dsb. Sedangkan untuk varian terbaru, virus akan mencontek ikon dari program yang lain yang populer. Seperti ikon office (kspold), folder(stargate) dsb, datanya ada yang tersembunyi dan ada yang tidak. Sehingga varian terbaru ini bisa mengecoh para pengguna. Tetapi walaupun demikian, tetap saja format yang ada “.exe”. sehingga apabila kita menemukan sebuah ikon yang mempunyai format berbeda dengan ikonnya, maka sudah dipastikan data tersebut adalah virus.
virus mempunyai target tertentu untuk aksinya. tetapi, kebanyakn dari jenis virus biasanya menyerang pada folder “C:/windows/System32″ yang biasanya menyerang pada system monitor, suara, dan beberapa tool original milik windows. seperti task manager, paint, soundman, VTimedll.
Pada windows explorer (windows), secara default belum bisa menampilkan format data dan data yang tersembunyi. Untuk mendeteksi format apa yang dimiliki sebuah data. Kita perlu menyetingnya. Caranya adalah Tool>Folder Options>View. Kemudian gantikan yang tadinya “do not show hidden files and folder” menjadi “show hidden files and folder”. Dan hilangkan tanda centang pada “Hide extentions for known file types”. Maka secara otomatis windows explorer akan menampilkan format data dan data yang tersembunyi.
Dari keterangan di atas, maka dapat kita simpulkan bawa sebenarnya yang menjadi antivirus adalah diri kita sendiri. Sedangkan antivirus buatan seperti yang disebutkan di atas hanya berfungsi untuk mempercepat waktu scanning.
Ada beberapa kelebihan dan kekurangan antara antivirus buatan dengan antivirus alami. Untuk antivirus buatan kelebihannya adalah bisa mendeteksi semua varian. Baik yang lama maupun yang terbaru. Sedangkan kekurangannya adalah tidak efisien waktu. Karena kitalah yang menjadi antivirusnya dan tenaga kita jugalah yang dikuras. Sedangkan untuk antivirus buatan, kelebihannya adalah efisien waktu. Dan untuk kekuranggannya adalah untuk varian terbaru, maka kita harus terus mengupdatenya. Karena setiap harinya ada 100 lebih virus dibuat setiap harinya di dunia.
Sehingga apabila anda ditanya “antivirus apa yang kamu pakai?”, tunjukin saja kepalamu.
Dan untuk terakhir, banyak data selain format “.exe” diidentifikasikan sebagai Virus. Jangan langsung takut! Karena walaupun data tersebut teridentifikasi sebagai virus, data tersebut tidak akan merusak data yang lain. Karena sebenarnya data tersebut mempunyai susunan data yang kurang tepat. Atau mungkin saja data tersebut sudah lama dibuat. Sehingga ada beberapa komposisi di dalamnya yang rusak. Dan akhirnya data tersebut diidentifikasikan sebagai virus.