Laptop, Notebook, Mini Notebook, dan Netbook

Laptop, Notebook, dan Netbook, sebuah kata yang masih banyak orang yang memperdebatkannya. Banyak yang membeda-bedakannya dan bahkan meng-kasta-kannya. Saya ingin menunjukan bahwa sebenarnya sebuah penamaan tidaklah menjadi sebuah kasta...
Laptop. Menurut pendapat kebanyakan orang adalah ukurannya 14’ dan harganya di atas 5 jt. Namun saya berpendapat bahwa laptop merupakan istilah notebook/ netbook di indonesia. Sama halnya dengan HP. Di indonesia memang HP, tapi di luar negeri mem=nyebutnya Phone, bukan HP.
Notebook. Kebanyakan orang mengungkapkan bahwa notebook adalah laptop yang ukurannya kecil, dan harganya lebih murah daripada laptop. Namun menurut saya, notebook adalah istilah asing untuk sebuah laptop. Dan soal harga, kayaknya laptop/ notebook yang mini khususnya ukuran 12’ jauh lebih mahal ketimbang yang 14’ tentunya dengan spesifikasi hardware yang sama. Coba saja anda cari notebook/ laptop yang ukurannya 12’ dengan spec dual-core dan 3D Graphic (yang sudah menjadi standar laptop 14’ sekarang ini) anda pasti akan mendapatkan harga di atas 5 juta dengan paket penjualan yang komplit(plus DVD external).
Netbook. Pendapat orang yaitu sebuah notebook/ mini notebook yang mempunyai koneksi internet lebih kenceng dari yang lain. Sebenarnya saya agak menyangsikannya, tapi mungkin juga saya membenarkannya. Namun sepengetahuan saya, yang namanya netbook ntu notebook yang difasilitasi dengan broadband. Misal Telkomsel, Indosat, dll yang menyediakan jasa internet.
Postingan saya ini bertujuan untuk menegaskan bahwa tidak adanya sebuah kasta dalam penamaan,. Mau itu laptop, notebook, mini notebook, netbook, atau sebagainya . apalah arti semuanya itu... yang membedakannya adalah ukuran dan komponen di dalamnya.

0 komentar: