SOCIAL GROUP, Ajang Untuk Bersilaturahmi Ataukah Ajang Untuk Unjuk Gengsi???

Tulisan kali ini berisikan kritikan saya terhadap beberapa dan mungkin banyak anda sekalian yang mengalami akan hadirnya social group pada jejaring sosial seperti facebook. Namun yang mungkin lebih tepat lagi adalah tulisan ini berisikan curhatan saya...
Coba saja kita tilik group yang ada di facebook, kebanyakan dan pasti ada adalah group sekolah atau institusi. Group ini dibuat oleh seseorang yang tentunya ia menjadi admin dan bahkan beberapa anggota bisa menjadi admin(pengurus)
Kritikan saya adalah group seperti ini tidak berfungsi layaknya group pada dunia nyata(forum). Coba saja bila anda adalah seorang admin dari sebuah group. Apabila ada anggota yang anda tidak suka atau anda benci bahkan menjadi musuh anda, saya bisa yakinkan bahwa anda pasti akan memblokir anggota tersebut untuk tidak dijadikan anggota.
Saya sudah sering mengalami hal semacam ini, misal saja salah satu group yang dibuat oleh teman saya. Cuma gara gara masalah sepele saya dikeluarkan dan diblokir dari daftar keanggotaan karena ia adalah si admin. Alasan saya dikeluarkan sangatlah sepele. Saya mengkritik alias berkomentar tentang daftar keanggotaan yang ada yang tidak sesuai dengan fakta, yaitu seseorang yang bukan alumnus dari sekolah dan angkatan yang sama dimasukan dalam group. Sehingga saya berkomentar dan saya langsung dikeluarkan. Apakah ini relevan?
satu lagi cerita unik yang saya punya. Saya sudah membuat sebuah group dan bisa dibilang cukup sukses dalam perjalanannya. Namun di tengah perjalanan, terdapat sebuah perselisihan yang sebenarnya bisa diselesaikan dengan baik namun malah diperselisihkan oleh salah seorang yang menurut saya hanya mementingkan dirinya sendiri. Apakah saya mengeluarkannya? Tidak. Saya membuat group dengan tujuan untuk forum diskusi dan berkumpul, bukan untuk unjuk gengsi atau pamer. Teman saya tersebut malah keluar dengan sendirinya. Beberapa lama kemudian saya mengetahui bahwa teman saya yang keluar tersebut dan gerombolannya membuat sebuah group yang inti dan tujuan serta keanggotaannya sama dengan group yang saya buat, hanya namanya saja yang berbeda. Dari sekian banyak anggota yang ada pada group milik saya (pendahulu), hanya saya seorang yang tidak dimasukan sebagai anggota.
Lucunya negeriQ ini, itulah yang bisa saya katakan... membuat group untuk apa? Ajang berkumpul dan berdiskusi? Atau ajang untuk unjuk gengsi? Bersaing untuk mendapat posisi tertinggi?
Seharusnya yang namanya admin bukanlah membatasi keanggotaan atas dasar siapa orang tersebut, musuh, lawan ataupun kawan. Terkecuali memang orang tersebut tidak memiliki status keanggotaan tidak seharusnya dimiliki...
Kecewa? Tidak... berkat kejadian tersebut saya bisa melihat sendiri kelucuan tingkah laku seorang anak manusia yang ingin bisa eksis di dunia maya...