Tips Mengoptimalkan Kinerja Android dengan SuperChanger

Android, banyak cara untuk mempercepat kinerja pada ponsel pintar ini. Setelah saya bereksperimen dengan berbagai Custom ROM, ternyata masih saja ada kendala yaitu belum baiknya sistem Android yang ada karena masih terlalu banyak memakan yang namanya RAM dan sebagainya. 

Kemarin googling di Internet dan menemukan caranya di XDA punya si ace2. Anda bisa mencarinya untuk jenis yang lainnya, tapi sama aja kok. Bisa cek disini

Trik ini memanfaatkan script dan terminal konsol pada Android. Mudah sih, kita tinggal mendownload tiga script tersebut kemudian kita simpan di SDCARD. Setelah itu kita buka script dengan menggunakan koonsol.

Tetapi setelah saya mencobanya sendiri, cukup susah. Bukan tidak berhasil, tetapi karena tidak mau berjalan dengan menggunakan konso. (apa bedanya? :D)

Ternyata ada cara yang lebih mudah. Yaitu dengan melakukan menginstall script SuperChangerV6 menggunakan app bernama "busybox installer". Download tersebut app di playstore, gratis!

Syarat menggunakan superchanger adalah sudah di root, jika tidak, Anda bisa menggunakan Custom Rom seperti The Blue OS, Italian JOB, Kyrillos, dll. (Pada CyanogenMod sudah secara default diinstall script Superchanger).

Setelah didownload dan terinstall, kita buka aplikasi tersebut. Kita install 3 script, BusyBox, Splite3, dan zip.Sesuaikan script busybox berdasarkan jenis tipe android anda. Anda bisa mencarinya di Internet. Pada Ace 2 menggunakan busybox 19.4.




Kita download terlebih dahulu Ultimate Jar Power. Download dan extrak pada PC.  (syarat menggunakan Ultimate Jar Power adalah sudah terinstall Java pada PC)

Setelah itu, kita aktifkan USB Debug. Setingan - Pengembangan - USB Debug.

Koneksikan android dengan PC. 

Kemudian kita buka "sh.exe" pada hasil extrak Ultimate Jar Power sebelumnya.

Sehingga muncul jendela Command. Pada beberapa pertanyaan. Apakah anda ingin menonaktifkan batery charger notif pada saat kondisi mati. Apakah Anda akan menonaktifkan SDCARD. dan pertanyaan selanjutnya saya lupa. yang jelas, pada pertanyaan pertama kita jawab saja NO. hehehe

Jika sudah, restart androidnya, dan tadaaa... sekarang lebih cepat dan tidak terkendala dengan memory RAM yang ada. 

Selamat mencoba.



0 komentar: