DSLR atau DSLM? Kamera Mana yang Anda Pilih?


Kamera memang menjadi tren masa kini dimana setiap orang ingin mengabadikan momen tiap momen. Namun jadi perkara besar ketika kita hendak membeli sebuah kamera. Ini juga menjadi pertanyaan yang sering muncul di benak saya ketika akhirnya memilih si kamera. 

Hanya berbekal “pernah memegang DSLR”, mencoba mencari tahu mana yang lebih unggul dari saingannnya yaitu DSLM si miroless yang semakin hari semakin banyak jenisnya. Jika anda ragu mana yang akan anda pilih, saya tegaskan bahwa “kedua jenis kamera ini mempunyai performa yang sama dalam urusan menjepret” yaitu sama-sama menghasilkan gambar senatural mungkin dengan hasil yang semirip mungkin dengan yang aslinya. Yang membedakan hanyalah teknologinya saja.

DSLR mempunyai teknologi yang lama. Sama seperti kamera SLR jaman dulu hanya saja sekarang disisipi teknologi layar digital dan lain sebagainya, makanya disebut DSLM. Karena teknologi yang dianut adalah sama, jenis kamera ini mempunyai kelebihan dalam hal banyaknya variasi lensa yang tersedia di pasaran dari berbagai merek dan harga. Sehingga jika Anda memilih kamera jenis ini maka Anda bisa bermanufer dengan berbagai macam jenis lensa yang ada.
DSLM adalah perkembangan kamera terbaru. Yang membuatnya sama bagusnya dengan DSLM bukanlah dari lensa yang bisa dilepad ganti, melainkan teknologi penyempurnaan dari DSLR. Pada DSLR mempunyai cermin pantul untuk bisa merefleksikan cahaya yang masuk ke dalam viefinder kecil yang biasa digunakan untuk melihat dengan bantuan mata.  Sehingga membuat ukuran kamera DSLR menjadi lebih besar karena terdapat cermin pantul yang posisinya juga harus disesuaikan dengan body kamera depan. Sedangkan pada DSLM sudah tidak lagi mengadopsi cermin pantul tersebut. Sehingga cahaya yang masuk ke kamera langsung diteruskan ke objek layar, tidak lagi dipantulkan ke viewfinder dan tentunya mengakibatkan ukuran DSLM lebih kecil dan lebih ringan dari pada DSLR. Namun kekurangan dari kamera DSLM adalah belum banyaknya jenis lensa yang mendukung untuk kamera jenis ini. 

Lalu mana yang harus Anda pilih? Itu tergantung dari persepsi Anda. Mau yang sudah terkenal dari jaman dulu apa mau pilih jenis kamera dengan teknologi terbaru yang belum banyak diketahui orang. Disini saya tegaskan bahwa gambar yang dihasilkan dari dua jenis kamera ini relatif sama. Hanya teknologinya saja yang berbeda. Sebagus dan semahal apapun jenis kamera yang Anda pilih, tergantung dari karakter Anda sendiri dalam menghasilkan gambar. Apakah anda suka memotret dalam waktu yang cepat, memotret untuk keperluan jalan-jalan, memotret untuk biasa-biasa saja. Karena setelah saya akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah kamera, ternyata baik itu DSLR maupun DSLM, tetap saja jika kita hendak menghasilkan gambar yang bagus harus diolah terlebih dahulu dengan menggunakan software olah gambar seperti photoshop. Jadi buat Anda yang masih pemula, jangan terkecoh bahwa kamera DSLR itu lebih bagus. Karena tergantung dari bagaimana Anda mengambil sudut pengambilan gambar yang tepat.

Jenis kamera yang saya pilih untuk penggunaan pemotretan adalah DSLM, pertimbangan saya adalah karena DSLM merupakan teknologi baru, cepat atau lambat pasti akan menggantikan DSLR. DSLM mempunyai body yang ramping dan ringan sehingga tidak memberatkan perjalanan. Untuk urusan lensa, setiap pabrikan kamera sudah menyiasatinya dengan lensa converter kok, jadi gak perlu khawatir akan minusnya lensa miroles di pasaran. Disamping itu, tujuan saya membeli sebuah kamera adalah untuk bisa menghasilkan gambar sejelas mungkin dan mempunyai pixel yang cukup untuk bisa memanipulasi dengan photoshop. Disamping itu juga miroless yang saya miliki bisa digunakan untuk bermanufer selfie. NX3000 itulah pilihan kamera saya, karena mempunyai banyak konektifitas yang bisa digunakan sehingga kamera tidak hanya sekedar kamera yang Cuma bisa memotret. Karena bagi mereka yang tidak terlalu mendalami dunia pemotretan, hanya sekedar ingin memotret, biasanya kameranya akan menjadi barang pajangan saja. Karena merasa sudah bosan. (DSLR sangat cocok untuk mereka yang suka bermain manual kamera, jadi sayang banget kalu Anda memilih DSLR tetapi pemakaian kameranya otomatis :D)

Oh ya, miroless punya banyak trik manual pada DSLR yang pemakaian yang sudah otomatis pada DSLM. Jadi Anda tinggal beraksi memilih gaya.


1 komentar:

samsura mengatakan...

bagus sekali infonya gan, baru tahu bedanya DSLR sama DSLM, kalau saya lebih memilih kamera SLR gan.