Mengatasi RAM Android Terbatas? Ini Caraku (Tanpa Rooting)

RAM bisa dibilang besar kecilnya kemampuan berpikir dalam menjalankan aplikasi yang ada. Anda mempunyai Android dengan kapasitas RAM sangat terbatas? 512 misalnya. Jangan berkecil hati. Apakah itu menjadikan smartphone Anda menjadi lelet? eits jangan salah, namanya juga SMARTPHONE. Harus diakali smart juga donk. Lantas bagaimana caranya mengatasi smartphone dengan kapasitas RAM serba pas-pasan? 

Berikut merupakan setingan yang saya coba gunakan pada Galaxy J1, dan mungkin bisa dicoba pada Android lainnya. Inti dari tips ini adalah seberapa pintar kita mengatur pemakaian RAM yang ada pada android kita. 



1. Nonaktifkan Aplikasi yang tidak terpakai.
Semakin banyaknya aplikasi maka semakin banyak pula RAM yang harus digunakan. "Kan aplikasi yang dipake sedikit?" Kita tidak melihat bahwa ada aplikasi yang tidak kita gunakan tetapi berjalan sendiri di sistem, "gak dipake dan gak dijalankan kok". ya memang tidak dijalankan, tapi tu aplikasi bisa terbaca oleh "playstore" untuk mendapatkan update. Itu tandanya aplikasi berjalan, meskipun cuma memakan sekian kb dari RAM. 

Saya sarankan aplikasi yang tidak penting dan kurang berfungsi lebih baik dinonaktifkan. Seperti contoh Chrome, Drive, Play Book, Play Kids, Hangout . Biasanya itu adalah deretan aplikasi bawaan yang tidak dapat dihapus dari sistem. Namun kita bisa menonaktifkannya sehingga system tidak membaca mereka. 




2. Setting aplikasi seminim mungkin
Ini biasa terjadi pada BBM. Siapa si mau BBMnya bermasalah. BBM merupakan socmed yang paling banyak digunakan. Namun BBM juga socmed yang paling banyak memakan RAM. Bukan karena aplikasinya yang gede, melainkan banyaknya fitur yang berjalan di dalamnya sehingga mengharuskan pemakaian RAM yang berlebih untuk menjalankan BBM.

Intinya adalah, bagaimana si pemakaian BBM dengan kapasitas pemakaian RAM yang kecil? Solusinya adalah menonaktifkan fitur yang ada di BBM itu sendiri. Disini saya sarankan menonaktifkan semua fitur termasuk fitur ikon terhubung, kecuali fitur notifikasi.

Tanpa adanya ikon terhubung BBM, BBM nya masih tetap konek kok. Gak perlu khawatir gak bisa BBM'an. Whatsapp aja tanpa ikon terhubung, koneksinya kenceng-kenceng aja kan. He


3. Matikan Aplikasi Bandel yang berjalan secara tersembunyi.
Terkadang kita sudah mengatur aplikasi yang berjalan sebaik mungkin. Tapi tetap saja nanti akan ada aplikasi yang membandel berjalan sendiri tanpa kehendak kita. 

Solusinya adalah mematikan aplikasi tersembunyi secara otomatis. Gunakan Task Killer. Namun aplikasi ini menuntut kita untuk melakukan rooting terlebih dahulu.

Saya sarankan dengan menggunakan Greenify. Aplikasi ini pada dasarnya untuk menghemat pemakaian baterai, namun kita bisa memanfaatkannya untuk melakukan hibernate pada aplikasi yang tersembunyi ketika android dalam kondisi layar terkunci/mati. Hal ini menyebabkan smartphone kita selalu dalam kondisi terbaik ketika membuka layar kunci, karena aplikasi yang berjalan tersembunyi dalam kondisi diamankan(hibernate). 

Sebaiknya Gunakan Greenifi untuk melakukan hibernasi pada semua aplikasi kecuali aplikasi socmed. Jadi aplikasi socmed tetap dalam kondisi menyala.

4. Refresh Kinerja Processor
Jangan hanya RAM saja yang dipikirkan, processor juga dapat menyebabkan kinerja RAM terganggu. Kita harus mengatur kinerja processor selalu dalam kondisi prima. 

Disini saya sarankan gunakan DuBattery. Aplikasi ini sejatinya untuk menghemat daya baterai, dia melakukannya dengan melakukan boost pada processor dan RAM sehingga kinerjanya menjadi bersih. Kita bisa memanfaatkannya untuk membersihkan kinerja processor secara otomatis.








Dari 4 hal di atas rasanya cukup membuat Smartphone Anda berjalan dalam kondisi prima dengan RAM yang cukup lapang tanpa harus melakukan root pada Android kesayangan. Ini contoh pemakaian RAM yang bisa saya pangkas pada galaxy J1, dan tidak ada kendala terhadap aplikasi semisal BBM yang gak konek. Koneksi lancar terusssssssss. :D


Note: Pada beberapa kasus, Greenify menyebabkan jaringan terhambat yang berujung pada kondisi socmed dan ram terganggu sehingga Anda tidak harus untuk pemakaian Greenify.

5 komentar:

tri hayuningsih mengatakan...

kalau mematikan aplikasi yg tidak terpakai itu, klik di paksa berhenti gan?

admin mengatakan...

kalau mematikan aplikasi bisa dengan paksa berhenti. namun biasanya bakalan aktif lagi otomatis. Bisa pake HAPUS data yar app ga aktif lagi.

kalo app bawaan, dinonaktifin aja, "tidak memungkinkan"

tri hayuningsih mengatakan...

gan, kalau antivirus yg bagus, jg menghemat RAM apa ya gn, sya pakai 360 security

admin mengatakan...

kalo antivirus tergantung masing-masing. ada yang nganggep virus bermasalah ada jg yang ga, kaya ane. jd ga pake antivirus apapun. kalo malware mungkin bermasalah. tapi balik lagi, selama pemakaian internetnya bisa djaga, ya malware jg susah masuknya. apalagi kalo hh nya gak di root, malware susah nembusnya

Tahta Rizky Yuandri mengatakan...

Gan..ane jg pake galaxy j1
Masalahnya itu wktu bbm an sambil dengerin musik terkadang pemutar musik nya mati tanpa pemberitahuan. Waktu browsing jg gitu, pokoknya multitaskingnya tuh jelek banget. Apa karena ram nya yg dikit ya? Agan ngalamin juga gak??