DIY - Membuat Gantungan Kunci Akrilik Lengkap Pemula

Pada kesempatan ini saya ingin membagikan panduan lengkap buat teman-teman yang ingin atau tertarik dengan usaha pembuatan gantungan kunci dari bahan akrilik. Saya sudah buatkan videonya yang bisa ditonton di youtube, namun disini saya akan jelaskan sedikit bahan dan alat yang dibutuhkan terlebih dahulu sehingga ketika mengikuti panduan yang ada, teman-teman bisa mengikutinya dengan baik.

Bahan dan alat yang digunakan diantaranya:

  1. Sticker Transparant merk Data Print 130. Harga 33 ribuan di toko
  2. Sticker Vynil Putih (Skotlet), teman teman bisa cari di abang skotlet biasanya 15-20rb per meternya, namun jika mau dapat murah, bisa beli yang roll an, harga sekitar 130ribuan di online. 1 Roll ukuran 45cm x 15m
  3. Akrilik (saya sarankan carilah akrilik bekas saja, bisa didapat di toko bangunan yang menyediakan akrilik, beli saja kiloan akrilik bekas dari mereka). Harga akrilik bekas kisaran 5rb sampai 20ribuan ya per kilonya, tergantung kualitasnya.
  4. Printer (Usahakan menggunakan printer dengan jenis tinta pigment/AP, ori pun tidak masalah kalau memang mau belajar, tapi kalo sudah mau buat bisnis baiknya ganti ke pigment ya)
  5. Cutter Akrilik, cutter ini berbeda dengan cutter biasa, memudahkan kita memotong-motong akrilik, namun jika susah dicari, bisa dunakan bagian atas dari pisau cutter yang biasa ya, jangan gunakan bagian cutter yang tajam, gunakan bagian yang tumpul. Harga cutter akrilik 15rb an
  6. Mesin Laminating, kalau belum punya gpp, tapi kalo memang serius mau menjalankan usaha ini, saya sarankan milikilah, bisa beli yang bekas saja, gak usah yang baru, punya saya aja dari bekas yang saya benerin mesinnya
  7. Mesin Bor, beli bekas saja ya, kalau terpaksanya belum ada dana, bisa cari dinamo bekas dari printer yang rusak, bisa dimanfaatkan untuk bor. 
  8. Gergaji Ukir (Scroll Saw), kalau sudah ada rejeki silahkan beli, kalau belum ada bisa gunakan gergaji ukir yang pakai gagang tangan seharga 25ribu, sedangkan harga gergaji ukir harganya 1,1 jutaan paling murah
  9. Mata gergaji biasa (untuk pemotongan bentuk akrilik persegi), mata gergaji spiral (untuk pemotongan bentuk custom). Mata gergaji spiral yang saya gunakan adalah ukuran 3. Harganya Rp. 6500 per mata gergaji.
  10. Gerinda duduk, ini saya sarankan beli yang bekas saja ya, harga 200 ribuan bekasnya, kalo belum ada ya bisa pakai amplas.
  11. Tang Jepit dan Ring Gantungan kunci pastinya, disini saya sarankan untuk gunakan ring yang ada putarannya, supaya kita bisa memainkan harga gantungan kuncinya lebih tinggi, dan konsumen pun tidak kecewa.
  12. Mata gerinda celana jeans, ini buat pemoles finishing supaya hasilnya mengkilap ya, kalau memang susah dicari, bisa pakai karpet bekas, atau alternatifnya dengan kardus yang dimodif untuk bisa digunakan di mesin bor, atau gerinda tangan, atau gerinda duduk.
  13. dan ini bagian akhir, dan rahasia yang sengaja tidak saya tayangkan di video, jadi beruntunglah bagi Anda yang membaca panduannya sampai di akhir ini, finishing supaya hasilnya mengkilap sempurna, yaitu AUTOSOL, tapi saya sarankan pakai LANGSOL saja, atau biasa dikenal dengan batu hijau, ini biasa digunakan untuk pemoles mesin, tapi sangat ampuh juga untuk poles akrilik supaya hasilnya mengkilap sempurna. Pengaplikasiannya dengan menggoreskan langsol di gerinda jeans, kalo gak punya gerinda jeans bisa membuat gerinda dari kardus ya. AUTOSOL bisa didapat di toko bangunan terdekat, kalo LANGSOL di toko bangunan yang besar, kalo susah cari saja di toko online.

Yang mau lihat koleksi garapan gancinya bisa CEK DISINI 

Proses lengkapnya sudah saya jelaskan di video, silahkan simak dan semoga berkah untuk usaha Anda. Tonton di Youtube Langsung https://www.youtube.com/watch?v=Yf9YFgg41YU&t=1494s



Yang mau belajar Photoshop, saya juga punya beberapa buku terbitan gramedia tulisan saya sendiri, bisa cari di toko online manapun dengan kata kunci "dody nugroho" 

0 komentar: