6 Tips Jitu Menggunakan AntiVirus



Mungkin masih banyak diantara kalian yang masih bingung atau belum bisa mempraktekan Artikelku yang berkategori Virus Edu. Oleh karena itu, untuk urusan virus pastinya kalian akan menggunakan Anti Virus. nah, di sini ku bakal membahas bagaimana cara menggunakan Anti Virus yang baik.
  1. Gunakan satu anti virus saja. karena semakin banyak anti virus yang ada di dalam sebuah komputer, maka akan memberatkan kinerja komputer itu sendiri meskipun sudah berspesifikasi yang tinggi.
  2. Pilihlah anti virus yang setiap hari/ Minggu/ Bulannya selalu diupdate. Karena setiap harinya ada jutaan bahkan milyaran virus yang dibuat dan terdeteksi. Sebagai contoh PCMAV yang sudah disediakan bagi pembaca PCMedia dan PCMild.
  3. Jangan menyetting anti virus untuk berjalan sendiri si saat startup. karena akan memperlambat proses awal dekstop. sebagai contoh di sini adalah AVG, dimana secara defaultnya sudah disetting untuk berjalan di startup. Oleh karena itu kita harus menyettingnya untuk tidak aktif disaat startup.
  4. Lakukanlah scanning pada folder tertentu, folder yang sering diinfeksi oleh virus dan folder yang sering kita buka. untuk folder yang sering diinfeksi virus contohnya: “C:/Root, C:/Windows/, C:/Windows/System32/, C:/System Volume Information, dan Folder System Volume Information di semua Drive”.
  5. Apabila melakukan scanning pada folder yang berisikan Aplikasi, seperti “C:/Program Files/”, dan menemukan adanya virus, jangan terburu-buru untuk menghapusnya. karena bisa saja data tersebut merupakan data penting dari sebuah aplikasi yang terdeteksi sebagai virus.
  6. Lakukanlah scanning pada UFD(Flash disk) setelah UFD tersebut terdeteksi oleh system dan sebelum UFD tersebut dibuka dengan menggunakan Windows Explorer. karena kebanyakan virus yang ada, virus tersebut menyebar secara otomatis setelah drivenya terdeteksi oleh system. Pergunakanlah 7zip manager