Belajar Arc View – 03 Menambahkan Atribut Peta



Lanjutan dari pembahasan pertama kita di episode yang kemarin. Hohoho
      Menambahkan atribut pada peta yang sudah kita buat. Yaitu dengan “theme-table”. Ingat, kita bisa memasukan atribut hanya pada saat theme pada posisi aktif/ bisa diedit. Kita bisa menambahkan kode wilayah, nama wilayah, jumlah penduduk, sesuai kebutuhan.

      Banyaknya baris pada atribut tabel tersebut sesuai dengan potongan bidang pada peta yang kita buat. Jadi jika kita membuat 10 potongan pada bidang peta, maka seharusnya ada 10 baris tabel yang tersedia, jika kurang atau berlebih, silahkan cek kembali potongan yang anda buat.
      Untuk menambahkan kolom pada atribut tersebut, masuk ke menu “edit-add field” gambar kedua.
Masukan nama kolom(field), jenisnya apakah numerik atau string

Catatan: Untuk nama tiap tabel, kita tidak boleh menggunakan spasi ya.
Sedangkan untuk memasukan angka/ huruf ke dalam tabel yaitu dengan mengaktifkan fungsi yang ada panah 3 di pada gambar atas.
Jika sudah, maka simpan.
 








       Sedangkan untuk mengubah tampilan dari bidang peta yang kita buat adalah sebagai berikut.
      Mengubah tampilan dan warna. Disini istilahnya adalah “legend”. Untuk membuka menu legend adalah cukup mendobel klik seperti pada gambar “nomor 1”

      Jika sudah terbuka jendela legenda, maka ada pilihan beberapa legenda diantaranya adalah seperti pada gambar. Hehehe. Bisa dipelajari satu satu. Untuk dot biasanya digunakan untuk mengetahui persebaran suatu objek, misal persebaran kasus penyakit malaria. Tentunya data ini berasal dari data yang sudah isi pada tabel peta ya.

0 komentar: