Mengolah Video Untuk Pemula



      Software yang biasa digunakan untuk mengedit dan mengolah video adalah adobe premier, tetapi karena kebutuhan hardware dan kemampuan yang apa adanya, maka jika anda hendak ingin mengelola video yang pertama kali untuk diingat adalah software windows movie maker.
      Ya, software besutan dari microsoft ini memang cocok digunakan untuk kita yang ingin mengelola video sebatas kewajaran saja, seperti menggabungkan beberapa video, menambahkan audio ke dalam video, menambahkan teks, menambahkan beberapa efek, dan masih banyak lagi.
      Namun pada saat proses pengolahan video, ada beberapa kendala yang menjadi permasalahan. Pertama adalah format video yang kita miliki, dan kedua adalah tampilan videonya terbalik. Sehingga kita perlu mengolah video terlebih dahulu sebelum memasukannya ke dalam windows movie maker.
  1. ROTASI VIDEO

untuk proses ini, kita membutuhkan software bernama “FreeVideo Flim and Rotate”. Anda bisa mengunduhnya disini.

a.       Kita tinggal “add” video yang akan kita ubah rotasinya,
b.      kita tentukan lokasi penyimpanan akhir,
c.       pilih rotasi yang anda inginkan
d.      dan tekan start untuk memulai proses.

2.       MENGUBAH DAN MEMOTONG VIDEO

Untuk proses ini, kita akan gunakan Any Video Converter(AVC). Anda bisa mengunduhnya disini.
Dalam proses ini, kita akan mengubah format video yang ada menjadi format video yang bisa terbaca pada windows movie maker. Avi, mpg, mpeg, dll. Saya sarankan adalah avi. Lihat gambar berikut.


  • Pada nomor 1 digunakan untuk memasukan video yang kita miliki

  • Pada nomor 2 digunakan untuk memilih format video yang akan kita hasilkan

  • Pada nomor 3 digunakan untuk memilih resolusi video yang akan dihasilkan, semakin besar resolusinya maka kualitas gambar juga akan semakin bagus, tetapi semakin lama pula prosesnya

  • Pada nomor 4 digunakan untuk memotong video, jadi jika anda hendak mengambil cuplikan dalam video tersebut, anda bisa menggunakan tool ini. Dan jika anda hendak memotong satu video dalam beberapa bagian, maka anda perlu melakukannya beberapa kali untuk menghasilkan beberapa potongan video. Kita perlu mengetahui pada menit berapa dan sampai menit berapa video akan kita potong.

a.       Untuk menentukan waktu awal pemotongan
b.      Untuk menentukan waktu akhir pemotongan
c.       Untuk menyimpan setingan pemotongan

  • Pada nomor 5 untuk melakukan proses

 3. WINDOWS MOVIE MAKER


Jika anda merasa sudah memiliki video yang sesuai dengan format yang ada, maka anda bisa langsung membuat projek di movie maker. Disini yang terpenting adalah proses penyimpanan, karena yang biasanya dilakukan adalah hanya menyimpan projek, bukan menyimpan video sehingga saat dibuka di komputer lain tidak terbaca, karena sebuah projek bukan video.
untuk menyimpan dalam bentuk video
  • file - Save Movie File
  • my computer
  • tentukan nama dan lokasi penyimpanan
  • pilih kualitas/ resolusi yang akan dihasilkan
  • next
  • dan tunggu hingga proses selesai
 Download Windows Movie Maker

SELAMAT MENCOBA



0 komentar: