Transfer Data Antar Laptop/ Notebook dengan WFI

Semakin lama pemakaian sebuah gadget maka semakin besar pula besar data yang akan dimiliki oleh si pengguna. Saya yakin pasti salah satu diantara Kita akan berusaha memindahkan data dari satu gadget ke gadget yang lain. Nah disini saya mencoba berbagi bagaimana caranya memindahkan data dari satu Notebook ke Notebook yang lain tanpa menggunakan perangkat penyimpanan, disini kita akan menggunakan Wireless sebagai penghubung antar Notebook.

Kenapa tanpa perangkat penyimpanan? Karena ini biasanya akan sangat dibutuhkan bagi Anda yang akan mentransfer data dalam skala besar sampai bergiga giga. Tidak mungkin Anda harus mentransfer data sebesar 16GB ke dalam flashdisk dengan ukuran flashdisk 4 GB bolak balik Copy - Paste -Cut and Copy berulang. Ya mungkin saja sih, tapi menurut saya itu kurang efisien dan memakan waktu yang lama.
Dengan teknologi Wireless ini kita tidak perlu lagi melakukan proses seperti di atas. Cukup Copy-Paste, dan waktu yang dibutuhkan juga relatif cepat.
Seperti apa dan bagaimana caranya? langsung simak saja rangkaian kata berikut ini.
  • MEMBUAT JARINGAN
Hal pertama yang harus kamu buat adalah, buat terlebih dahulu jaringannya. Kalau yang sudah ada jaringan WIFI di rumah si OK OK saja. Bagaimana kalau belum ada? Ya kita buat sendiri di Notebook Kita. Bisa? PASTI BISA. Masuk terlebih dahulu di "Control Panel - Network and Internet - Network and Sharing Internet". Pada tahap ini Anda akan memilih "Setup a new connection or network"
Pada jendela yang akan muncul nanti, Anda pilih "Set up a wireless ad hoc (compputer-to-computer) network"
Lanjutkan Next 

Masukan Nama Wireless dan Password yang anda kehendaki seperti di bawah ini. Contoh saja ya

setelah Anda close, maka Jaringan yang sudah Anda buat bisa digunakan alias sudah aktif. 
Catatan: 
1. Jika Anda sudah memiliki jaringan WIFI yang sudah ada, Anda dapat melewati tahapan ini. 
2. Apabila Control Panel pada Notebook Anda tidak terdapat perintah "Set up a wireless ad hoc (compputer-to-computer) network" berarti driver yang ada pada Wireless adapter di Notebook Anda perlu di update.
  •  MENGHUBUNGKAN DENGAN KOMPUTER LAIN
Setelah melakukan setttingan pada Notebook Anda, Anda tinggal menghubungkan Notebook lain pada jaringan yang sudah Anda buat sebelumnya. 
Hubungkanlah Notebook lain pada jaringan yang Anda buat.
  • SET PRIVACY PADA NOTEBOOK
Ketika pertama kali Notebook Anda terhubung pada jaringan, proses transfer data belum dapat dilakukan dikarenakan masih di private network alias sebatas Anda sendiri yang dapat mengakses jaringan Anda. 
 Kembali lagi ke "Control Panel - Network and Internet - Network and Sharing Internet".pilih Change Advanced Sharing Settings

 Lakukan Settingan seperti berikut ini
yang terpenting adalah Turn on network discovery, Turn On Sharing dan Turn off password protected sharing.
  • MULAI TRANSFER DATA
Untuk memulai transfer data, Anda perlu masuk ke bagian Network.
Pertama kali Anda masuk ke folder Network ini, akan muncul peringatan seperti berikut

 Pilih Turn on network discovery and file sharing


jika muncul jendela seperti di atas, pilih Yes, turn on network discovery and file sharing for all public networks

Jika berhasil, maka nama PC yang terhubung pada jaringan Anda akan muncul seperti gambar di atas.
  • SHARING FOLDER
Apa sudah bisa? Bisa, namun akan lebih memudahkan jika Anda lakukan share folder yang akan dikehendaki. Disini saya menggunakan folder Share yang ada di Data D. Anda bisa bebas melakukan pada folder apapun dan di hardisk manapun sesuai selera Anda. Setelah memilih folder. Klik Kanan - Properties

 pilih Sharing dan Share

kemudian pilih Everyone dan Add

Jangan lupa permission level pada everyone menjadi Read/write Agar notebook lain dapat mengcopy data ke folder tersebut.
Lakukan tahapan mulai dari SET PRIVACY PADA NOTEBOOK sampai yang terakhir pada notebook lain sehingga dapat berinteraksi keduanya.

Anda sudah dapat melakukan Copy and Paste menggunakan jaringan wireless. Selamat mencoba

0 komentar: