Open source & Free Software. Alternatif pengganti jutaan Rupiah

Kalian pasti tahu dong MS. Salah satu perusahaan komputer yang sangat terkenala di dunia. Dimana semua buatannya Legal dan berbayar. Harganyapun tidak tanggung-tanggung. Ada yang sampai ratusan ribu, bahkan ada yang jutaan rupiah. Nah, bagi kalangan seperti kita khususnya pelajar, apakah harus mempunyai uang banyak untuk mendapatkan software tertentu? Nah, oleh karena itu ada alternatif lain. Yaitu open source dan free software. Selain gratis, produk ini juga bebas digunakan. Jadi apabila kita kopi sebanyak-banyaknyapun tidak akan mendapatkan masalah dari hukum karena Gratiss.
Di sini akan aku tunjukan aplikasi/ software yang dapat digunakan sebagai alternatif.
Linux.
Apabila selama ini kalian menggunakan Windows, cobalah untuk menggunakan Linux. Disamping gratis, OS ini juga bisa menjadi sumber pendidikan bagi kalian yang mau melanjutkan ke perguruan tinggi dengan jurusan TIK. Karena bahasa yang digunakan di OS ini memang benar-benar diberikan kepada mereka yang benar-benar mengerti dengan bahasa OS.
Open Office.org.
Aplikasi ini bisa digunakan untuk menggantikan MS Office yang harganya sekarang ini (sampai ditulisnya tulisan ini) bisa mencapai ratusan ribu. Selain itu, aplikasi ini mampu menyaingi bahkan melebihi dari Ms Office. Diantaranya adalah dukungan format text yang lebih banyak daripada MS Office, Bisa digunakan sebagai aplikasi pembuat format PDF, sarana yang digunakan untuk membuat HomePage di Open Office.org jauh lebih baik daripada di MS Office. Dan masih banyak lagi.
GIMP.
Aplikasi ini sangat cocok sekali bagi kalian yang berminat pada Editing Foto. Aplikasi dikenal dapat mengungguli Adobe Photoshop. Dan setelah aku coba, ternyata aplikasi ini memang sangat cocok sekali bagi kita yang baru masuk ke dunia Editing Foto.
PDF Change Viewer.
Aplikasi ini adalah aplikasi pembaca PDF pengganti Adobe Reader. Aplikasi gratis. Dan aplikasi ini jauh lebih cepat dibuka dibandingkan dengan Adobe Reader. Selain itu juga aplikasi ini bisa digunakan untuk mengedit PDF yang sudah dibuat. Ini sangat jauh berbeda sekali dengan Adobe Reader. Dimana hanya bisa membuka PDF saja tanpa ada Editornya.
Jelly Fish Pro.
Aplikasi ini digunakan untuk membuat aplikasi buatan sendiri. Ini sangat cocok sekali bagi kalian yang ingin mencoba membuat aplikasi baru tanpa perlu membeli aplikasi yang mahal seperti Visual Basic.
Selain dari aplikasi di atas, masih banyak lagi aplikasi pengganti serta gratis yang ada. Tetapi paling tidak kita tahu apa keunggulan dari masing-masing lisensi.