Cara Mudah Install WLAN di Linux

dari sebuah notebook yang diinstall linux, tidak semua hardware langsung terinstall misalnya WLAN. alasan saya memilih hardware ini sebagai bahan contoh karena WLAN merupakan hardware utama untuk menyempurnakan semua komponen yang ada di Linux yaitu dengan cara update manager.
cara menginstallnya sangat mudah. kita hanya membutuhkan file berekstensi "inf" yang ada di driver Windows. dan aplikasi bantuya yaitu dengan bantuan ndiswrapper atau "windows Wireless drivers" yang ada di "system-administration". jika belum ada, maka install terlebih dahulu paketnya yang ada di CD/ ISO Linux yang digunakan.
buka dan cari direktori "pool/main/n" terdapat 2 direktori yaitu ndiswrapper dan ndisgtk. pertama kita install paket yang ada di ndiswrapper. setelah terinstall baru paket yang ada di ndisgtk.
setelah selesai, buka pada menu system-administration dan cari windows Wireless drivers. setelah itu tarik file yang berekstensi inf yang ada di driver WLAN windows ke ndiswrapper. tanda bahwa driver WLAN cocok adalah tidak adanya tanda silang dan "hardware present:yes"
sekian dan terms...

0 komentar: