Instan...

Instan adalah sebuah langkah cepat dan praktis untuk mempermudah. Istilah ini sering dipakai dengan sesuatu yang berhubungan dengan makanan, yaitu makanan instan atau sering juga disebut mi. Lalu apa hubungannya sama TI ya??? Mungkin sangat jauh sekakli, namun kalau dipikir pasti sangat dekat sekali... hagagagag
Kenapa aku menulis judul dan memakai judul demikian? Bukan karena apa-apa, saya hanya ingin membagi masalah saya kepada anda semua. Tentang cara seorang mempelajari sebuah tekhnologi khususnya TI/ komputer dimana kebanyakan menginginkan cara singkat, cepat, mudah, gampang, dan ingin menghasilkan sesuatu yang baik dengan singkat. Apakah benar bahwa langkah ini benar???
Kita bandingkan cara belajar saya dengan anda yang memilih instan. Saya tanyakan pada anda software apa yang bakal anda gunakan pertama kali untuk belajar photo editing?” saya yakin jawaban terbesar adalah jatuh pada adobe photoshop kan. Berbeda dengan saya, jawaban saya adalah paint. Kenapa bisa demikian? Memang bisa apa saja sih paint tersebut?
Pernah mendengar istilah bahwa belajar sesuatu itu harus dimulai dari dasar, baru kemudian ke yang lebih tinggi. Lalu apa hubungannya? Dasar dari aplikasi photoshop sebenarnya adalah paint, tidak mungkin langsung ada photoshop. Jika anda berpikir bahwa paint Cuma bisa itu –itu saja, sekarang saya katakan bahwa paint bisa untuk menggabungkan gambar, mengganti background, dll. Gak percaya? Coba otak-atik sendiri.
Bila jawaban anda bahwa belajar photo editing berawal dari photoshop, sekarang saya tanyakan lagi “mampukah anda menggunakan aplikasi photo editing profesional lain misal GIMP, apakah anda akan langung bisa?” belum tentu, tapi saya bisa katakan bahwa saya bisa langsung menguasai GIMP. Bukannya sombong atau apa, tapi yang saya pelajari dari awal adalah program dasar, baru kemudian program pengembangan. jadi bukan photoshop yang saya kuasai, melainkan photo editing yang saya kuasai.

0 komentar: