Tips Sebelum Memilih Jam Automatic (Tanpa Baterai)

Jam Tangan, saya dulunya bukanlah orang yang suka dengan jam tangan karena saya anggap mau buat apa pakai jam tangan, toh juga ada handphone yang jamnya sudah update otomatis. Namun setelah melirik jam mekanik/ automatic/ tanpa baterai ada sensasi tersendiri yang saya rasakan dengan jenis jam tangan ini. Dimana merk-merk ternama jam tangan yang harganya sampai Milyaran biasanya adalah jam tangan mekanik. Karena inilah saya tertarik dengan jam tangan mekanik.

Cek dari beberapa toko online yang ada, ternyata banyak sekali jam tangan automatic yang harganya tidak sampai selangit, bahkan ada juga yang sampai ratusan ribu saja. Namun mau dibilang jam murahan pun, jam jenis automatic ini memanglah punya khasnya tersendiri dibanding jam lain yang menggunakan baterai. 

Nah buat kamu yang masih ragu dan bahkan baru mau menggunakan jam automatic, sedikit tips dari saya diantaranya:

  1. MERK : Pada saat Anda memilih jam tangan automatic, jangan hirukan merk. Ya memang merk/ brand pasti lebih membanggakan jika orang lain tau kalau kita memakai jam tangan branded. Namun saya tekankan lagi, bahwa semurah-murahnya jam tangan automatic, dia memiliki khasnya sendiri. Carilah merk yang bahkan tidak branded tapi ORISINIL, daripada merk branded tapi KW. Sebut saja seperti Rolex yang identik harganya selangit, tapi tetap saja ada barang KW nya dengan harga ratusan ribu. Saran saya lebih baik gunakan merk seperti forshining, winner, dimana jam tangan tersebut memang brand untuk jam tangan automatic yang asalnya dari china. Ya walaupun merk china tapi ORISINIL. Kualitasnya bisa dipertanggungjawabkan daripada jam KW
  2. STRAP : Pilihlah strap jam tangan dengan bahan kulit. Jangan gunakan yang berbahan besi/ stainles steel. Mau stainless sekalipun, dia akan pudar pada waktunya. Karena beberapa orang seperti saya, mempunyai kulit yang cukup alergi jika terkena bahan stainles steel. Sayang banget kan beli jam tangan automatic, dipakai terus, malah jadi gatal-gatal di kulit.
  3. JENIS JAM : Anda orang yang cukup aktif atau tidak. Jika Anda cukup aktif dalam kegiatan sehari-hari, saya sarankan carilah jam yang terdapat pelindung pada putaran jam. Menghindari putaran terkena benturan yang mengakibatkan jam jadi rusak.
  4. PAKAI TERUS : Pakai lah terus menerus jamnya sehari-hari, lakukan juga pengisian pada jam tangan rutin setiap sebelum menggunakannya. Jangan khawatir terkena air, karena biasanya jam automatic sudah anti air. Tapi anti air disini bukan berarti ditenggelamkan loh ya, anti air disini yang dimaksud adalah cipratan air seperti air hujan dan air wudhu. Jangan gunakan untuk berenang.
  5. SERVICE : Mau itu jam ataupun barang apapun yang ada, pasti membutuhkan perawatan. Jika Anda hendak melakukan perbaikan ataupun perawatan pada jam tangan automatic, tanyakan dulu berapa kisaran harga yang dipatok untuk biayanya. Karena bisa saja harga service nya setara dengan harga jam tangan automatic yang Anda beli. Karena tidak semua tempat service jam bisa melakukan perbaikan jam tangan automatic.
  6. OTODIDAK : Jika dirasa harga service dengan harga jam tangannya sama saja mahalnya, atau harga jam tangan automatic yang Anda miliki tidaklah terlalu mahal (seperti punya saya), Anda bisa belajar sendiri untuk memperbaikinya. Kebetulan kerusakan yang saya alami adalah terlepasnya putaran jam tangan. Sehingga cukup mudah untuk diperbaiki sendiri. Hal yang paling utama dalam memperbaiki jam tangan adalah "Bagaimana cara membuka Jam Tagan" dan "Bagaimana cara melepas putaran jam tangan", Silahkan gunakan dua kata kunci tersebut untuk Anda pelajari dari youtube. 

0 komentar: